Sejarah Singkat Televisi


Kalau postingan sebelumnya membahas pengertian dan karakteristik televisi, postingan kali ini akan membahas sejarah singkat televisi.

Um… begini sejarahnya…

Televisi diciptakan melalui beberapa tahapan - tahapan penemuan sebelum menjadi televisi. Pada Tahun 1862 seorang Itali yang bernama Abbe Casseli berhasil menemukan system pengiriman gambar dengan listrik melalui kawat. Namun dasar – dasar scanning televisi mekanis (gerak berkas electron dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah pada saat pengambilan gambar di dalam tabung kamera serta dalam penyusunan kembali gambar di layar televisi) untuk pengiriman gambar objek bergerak baru ditemukan oleh Paul Nipkow seorang Rusia yang hidup di Jerman pada tahun 1884. Tiga belas tahun kemudian, cathode ray tube, yaitu tabung sinar katode mengalami penyempurnaan oleh Ferdinand Braun dari Universitas Strasburg sehingga tabung tersebut disebut tabung Braun.

Pada tahun 1907 Profesor Boris Rosing dari Institut Teknologi Petersburg di Rusia berhasil menemukan dasar – dasar scaning elektronik tabung sinar katode untuk menubah getaran elektronik menjadi visual. Selanjutnya, selama hampir lebih dari seperempat abad berbagai pakar berusaha menyempurnakan segi mekanis televisi.

Antara tahun 1923 – 1929, John Logis Baird, yang kemudian dikenal sebagai Bapak Televisi Inggris, belum berhasil meningkatkan mutu siaran televisi. Baru pada tujuh tahun selanjutnya baik di Inggris maupun di Jerman di lakukan percobaan – percobaan siaran televisi dengan hasil 60 – 80 garis setiap bingkai gambar.

Pada tahun 1928 seorang murid professor Rosing dari RCA yang bernama Dr. Zworykin berhasil menemukan tabung kamera televisi ionoscope. Kemudian menyempurnakan cara – cara sinkronisasi elektronik. Tabung kamera tersebut mulai mampu mentransformasikan visual menjadi sinyal elektronik.

Perkembangan selanjutnya, pada tahun 1935 di Perancis mulai diperkenalkan siaran televisi dengan hasil 180 garis setiap bingkai. Di Inggris, BBC memulai siaran televisi dengan menggunakan system Marconi – EMI dengan 405 garis visual. Sementara itu, di Moscow dan Leningrad telah dikembangkan siaran televisi dengan 240 garis dan 343 garis. Dalam pembukaan Pameran Internasional di New York, 30 Apri 1939, Amerika Serikat memulai siaran televisi dengan lima inchi tabung gambar. Hal ini terlaksana berkat bantuan Zworykin dan paten dari Farnworth (1939).

Nah lok sejarahnya di Indonesia gimana ya??

Tanggal 17 Agustus 1962, bertepatan dengan penyiaran pidato Presiden Indonesia yang pertama, merupakan hari bersejarah bagi dunia pertelevisian di Indonesia. Tepat 100 tahun setelah Abbe Casseli menemukan alat – alat pengirim gambar, dimulailah siaran pertama kali di Indonesia.

1 komentar:

NoviHanabi mengatakan...

kalo pngen tau sejarahny TV di Indo... buka ja blog q.. ApaYangTerlihat.blogspot.com

Posting Komentar