Televisi itu??


Hi… Guys…
Ini ada postinganku tentang televisi yang baru aku baca dari buku “Pedoman Praktis Penulisan Skenario Televisi dan Video” yang ditulis oleh P.C.S. Sutisno. Semoga bisa membantu kalian semuanya yang sowan ke blogku untuk mendapat pencerahhan dikit tentang televisi. He…
Well… to the point aja…
Media televisi pada hakekatnya merupakan suatu system komunikasi yang menggunakan suatu rangkaian gambar elektronik yang dipancarkan secara cepat, beurutan dan diiringi unsur audio. Walaupun demikian, pengertian ini harus dibedakan dengan media film yang merupakan rangkaian gambar yang diproyeksikan dengan kecepatan 24 bingkai per detik sehingga gambar tampak hidup.
Kata televisi terdiri dari kata tele dan visi. Tele dari bahasa Yunani berarti jarak dan visi dari bahasa Latin berarti citra atau gambar. Jadi kalau dua kata asing itu digabungkan, maksudnya kira – kira adalah suatu system penyajian gambar berikut suaranya dari suatu tempat yang berjarak jauh.
Um… Dari pengertian televisi tersebut, sudah jelas dunk… Kita dapat menyimpulkan bahwa televisi memang sangat membantu manusia untuk mengetahui segala informasi dari luar yang sangat jauh sekalipun tanpa manusia itu pergi ke sumber informasi itu. He…
Proses penyajian gambar dan suara pada televisi melalui beberapa tahapan. Pertama, gambar dan suara direkam melalui kamera dan mikrofon. Selanjutnya ditransformasikan ke dalam getaran elektromagnetis ( jenis getaran audio dan video ). Setelah diperkuat kemudian dimodulasikan menjadi gelombang radio dengan frekuensi tinggi yang disebut Very High Frequency ( VHF ) dan Ultra High Frekuency ( UHF ) dan di pancarkan ke udara melalui stasiun pemancar / transmisi. Setelah masuk ke dalam pesawat penerima, gelombang UHF atau VHF itu ditransformasikan kembali menjadi bentuk bayangan gelap dan terang berupa garis – garis. Bentuk inilah yang tampak sebagai gambar diiringi suara di layar televisi.
Televisi sebagai media komunikasi memiliki beberapa karakteristik beserta kelebihan. Diantaranya sebagai berikut :
1.Memiliki jangkauan yang luas dan segera dapat menyentuh rangsang penglihatan dan pendengaran manusia.
2.Dapat menghadirkan objek yang amat kecil maupun besar, berbahaya, ataupun yang langka.
3.Menyajikan pengalaman langsung kepada penonton.
4.Dapat dikatakan “meniadakan” perbedaan jarak dan waktu.
5.Mampu menyajikan unsur warna, gerakan, bunyi, dan proses dengan baik.
6.Dapat menyimpan baerbagai data, informasi, dan serentak menyebarluaskannya dengan cepat ke berbagai tempat yang berjauhan.
7.Mudah ditonton tanpa perlu menggelapkan ruangan.
8.Membangkitkan perasaan intim atau media personal.
Selain memiliki kelebihan, televisi juga memiliki kelemahan. Yaitu :
1.Merupakan media satu arah, hanya mampu menyampaikan pesan, namun tidak bisa menerima umpan balik secara cepat. Untuk mengatasi kelemahan ini, bisa digunakan media lain sebagai pelengkap. Misalnya, media cetak, telepon, dan computer. Media yang mutakhir ialah suatu system yang disebut televisi / video interaktif. Media ini terutama untuk keperluan pengajaran dan pelatihan.
2.Layar pesawat penerima yang sempit tidak memberikan keluasaan penonton. Hal ini karena ada 80% gambar objek mampu disajikan sedangkan 20% adalah area lost dan siaran biasanya tidak dapat diulang kembali.
3.Bingkai cahaya ( flash ) dan rangsangan kedip cahaya ( flicker ) dapat merusak atau mengganggu penglihatan penonton.
4.Kualitas gambar yang dipancarkan lebih rendah dibandingkan dengan visual yang diproyeksikan ( film layar lebar ).
Bedasarkan karakteristik tersebut, media televisi menyandang tiga fungsi yang batas – batasanya tidak dapat di jelaskan secara tajam, yaitu sebagai wahana hiburan, penyebaran informasi / penerangan, dan pendidikan.
Nah, cukup sekian dulu postingan tentang televisi ini… sebenarnya masih banyak lagi yang mau dimasukin ke dalam postingan ini. Tapi aku butuh ngaso rek…. Bersambung dulu yo… Liat lanjutannya di postingan berikutnya ntar… He…

3 komentar:

Ram'Z mengatakan...

Tambahi maneh artikele biar tambah sip..... oye

Mr.Blie...!!!! mengatakan...

nyantai ae engkok tak kenalno...hahahahahaha

semangat....

Vie taburahae mengatakan...

Kata sva ga ada yang lngkap na?????

lngkap ko kmu az yang ga bka smua na...

Posting Komentar