Bikin Video Klip dengan Slide Foto itu Keren Lho!!!

Assalamualaikum Wr. Wb.
Huy, teman – teman, ini ada video klip hasil karyaku. Video klip ini merupakan tugas Ujian Akhir Semester kuliah Fotografiku kemaren. Jadi video klip ini hanya berupa foto – foto aja. Tetapi gak kalah menarik kok, walaupun isinya cuma foto – foto semua. Apa lagi video klip yang aku buat ini berdasarkan cerita nyata kehidupan seseorang. ^_^
Video klip ini menceritakan kehidupan seorang preman yang AKHIRNYA menemukan hidayah dan bertaubat kembali kepada jalan yang lurus. Untuk lagunya biar machting dengan cerita yang aku ambil, aku memakai lagu religi dari Gigi yang berjudul AKHIRNYA dari album Raihlah Kemenangan.
Cerita yang aku buat dalam video klip ini benar – benar kisah nyata dari seseorang. Seseorang itu merupakan mantan preman. Namanya om Simon. Walaupun dia memang memiliki tampang preman dengan banyak tato di tubuhnya, tetapi aku lebih suka menyebutnya dia musisi . Kok bisa?? Iya, aku sudah banyak mendengar cerita hidup dia. Dia itu seorang musisi hebat. Soal suara jangan diremehkan be… Benar – benar sekelas penyanyi kelas atas! Apalagi ditambah kelihaian dia memainkan gitar cokelat kesayangannya, jadi mirip Daniel Sahuleka! He…
Banyak hitam putih yang mewarnai kehidupan om Simon sebagai vokalis dari band di Jakarta hingga hidup di jalanan. Di jalanan, dia tidak takut dosa, segala perbuatan dia lakukan tanpa dilihat halal dan haramnya, seperti mabuk – mabukan, jajan gitu – gituan, dan berkelahi. Sebenarnya, dalam hati om Simon, dia ingat Allah. Mungkin karena keadaan berat yang menekan kehidupan dia, (kalau tidak salah, katanya si, dia down akibat gagal rekaman dan cerai dari istrinya) dia berontak dan protes dalam bentuk premanisme. Tetapi dia masih memiliki hati nurani. Dengan pertolongan Allah, akhirnya dia menemukan hidayah untuk kembali pada jalan yang lurus dan bertekat kuat untuk keluar dari kumbangan lumpur dosa (bukan lumpur Lapindo Brantas lho…!!!! He… ) Hingga sekarang, om Simon masih menjadi sosok yang alim dan rajin ke masjid. Subhanallah….
Nah, dari cerita kehidupan om Simon itu, aku terinspirasi dan merasa tertarik untuk membuat video klip dengan cerita seorang preman yang awalnya tercela menjadi insyaf setelah menemukan hidayah untuk tugas UAS fotografiku. Di dalam video klip ini aku mencoba mengilustrasikan sedikit, kurang lebih seperti apa tindak tanduk om Simon semasa hidupnya sehingga menjadi seorang muslimin yang sebenarnya seperti sekarang ini.
Meskipun konsep ceritanya terlihat simple, namun pengejraannya cukup terasa berat juga. Pertama – tama masalah kamera. Aku tidak punya kamera, Kepinginnya mau memakai kamera digital SLR (Single Lens Reflex), biar hasil gambarnya bagus dan efisien. Tetapi akhirnya aku cuma dapat pinjaman kamera DVC (Digital Video Camera)yang kualitas gambarnya kurang bisa diharapkan T_T. Tetapi syukurlah, masalah kamera bisa diatasi.
Masalah kedua, aku susah mencari model yang untuk terlibat di dalam video klip ini. Model yang aku butuhkan adalah preman, orang sholeh, orang yang dipalak preman, dan pengemis. Nah, buat mencari orang yang dipalak preman dan pengemis ini yang susah. Soalnya teman – temanku banyak yang gak mau. Tetapi Alhmadulillah, masih ada temen tercinta dan tersayangku mau membantu aku. He… Terimakasih bro!!!! aku makin cinta kalian!!! ^_^ (lebay…)
Terus masalah yang ketiga, model premannya susah diatur, malahan dia yang ngatur – ngatur (Aih, sutradaranya khan aku Om!!! >_<”). Dia kalau diatur malah marah - marah, mukanya nakutin banget. Hi…. Seyem… Aku bingung, ini premanismenya kumat apa dia memang menjalanin perannya dengan segenap perasaannya gitu ya??? Sehingga aku tidak bisa bekerja secara optimal sesuai dengan story board yang aku buat. Dalam hati kecil aku sempat pesimis bahwa video klip yang aku garap ini bakalan gagal. Pengambilan gambar untuk video klip ini akhirnya dapat diselesaikan selama dua hari.
Setelah proses pengambilan gambar selesai, proses editing aku lakukan. Pertama – tama aku menyeleksi gambar mana yang akan aku pakai dan aku urutkan sesuai alur cerita, lalu aku edit foto – foto itu seperti menaikkan contras, bright dan mensetting dimensinya. Pada saat melihat hasil foto – foto sebelum diedit, aku sedikit agak kecewa dengan hasil foto – fotoku yang gelap – gelap dan memantulkan banyak cahaya putih pada foto – foto itu, Hal ini disebabkan karena performance kamera yang aku gunakan kurang bagus untuk masalah fotografi. Sehingga membuat aku harus bekerja keras untuk mengakalinnya dan memperbaiki foto – foto itu.
Setelah proses editing foto – foto tersebut sudah selesai, aku menggabungkangkan foto – foto tersebut berikut lagu religi dari Gigi yang berudul AKHIRNYA. Alhamdulillah, dengan selesainya video klip ini bisa membuat aku merasa puas dan senang. Sehingga semua rasa capek yang aku rasakan selama proses membuat video klip ini, bisa terbayarkan. He…. ^_^
Jangan lupa beri komentar tentang video klipku ya!!! ^_^v
Wassalamualaikum Wr. Wb.

0 komentar:

Posting Komentar